Tips Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Mungkin hampir sepanjang hidup kita, gula telah jadi bagian tak terpisahkan, bahkan lebih dari yang pernah kita sadari. Jadi, kemungkinan kita semua sudah nyandu pada gula. Bagaimana tidak, hampir setiap makanan yang kita konsumsi sehari-hari seringkali dikemas dengan gula, termasuk jus buah, kopi dan teh, yogurt, roti buat sarapan pagi dan segala macam sereal. Bahkan jika Anda meminum soda diet, Anda masih mengkonsumsi hampir 10 sendok teh gula, ukuran maksimum yang diperbolehkan dikonsumsi dalam sehari.


Sejatinya, gula tak memberi apapun pada tubuh kita, kecuali meningkatkan energi – sama sekali tanpa kandungan vitamin, mineral, serat ataupun anti-oksidan yang dapat Anda temukan dalam makanan alami. Dan terlebih lagi, gula dapat memicu kegemukan.

Sepertinya hampir mustahil untuk menghapuskan gula dalam kehidupan sehari-hari kita, namun ada cara cukup mudah untuk membatasi asupan gula ke tubuh kita. Berikut beberapa tips-nya.

1. Hapuskan produk-produk kemasan – termasuk yang dibuat dengan tepung – dan pilih makanan dalam bentuk asli – kecuali buah atau jus kalengan. Dan konsumsi lebih banyak buah-buahan.

2. Minumlah banyak air putih sepanjang hari – karena kadang kita salah mengartikan dehidrasi sebagai rasa lapar.

3. Pilih makanan yang mengadung protein – makanan jenis ini diserap lebih lama dari pada karbohidrat dan membuat rasa kenyang bertahan lama.

4. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan manis favorit Anda selama tiga minggu. Setelah selang waktu itu, indra perasa Anda akan mengalami perubahan dan kebutuhan Anda akan makanan manis tak sekuat sebelumnya.

5. Kendalikan dorongan untuk ngemil. Jika Anda menyantap sepotong donat, ambil jeda 15 menit untuk memikirkan makanan itu lagi atau alihkan dengan pergi jalan-jalan. Setelah penundaan ini, keinginan Anda untuk makan makanan manis akan berkurang. (askmen/erl)


About this entry