Kegelapan dalam Windows Vista

Para pengguna sistem operasi Windows tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Blue Screen of Darkness” atau “BSOD”. BSOD ini adalah suatu kesalahan yang terjadi pada sistem Windows berkaitan dengan kesalahan sistem. Namun, baru-baru ini sebuah istilah baru diperkenalkan oleh Windows sendiri yaitu “Black Screen of Darkness”.

“Black Screen of Darkness” ini bukan suatu kesalahan sistem Windows melainkan suatu feature di Vista yang dinamakan dengan “Reduced Functionality”. Feature ini ditujukan khusus bagi pengguna Windows Vista bajakan. Feature ini akan menonaktifkan semua copy bajakan dari Windows Vista sehingga penggunanya akan mengalami keadaan ini:

– Layar hitam setelah satu jam melakukan browsing internet.
– Hilangnya Start Menu dan Taskbar
– Hilangnya Desktop

Selain itu, pengguna Vista bajakan juga akan kehilangan akses untuk feature-feature penting dan juga keterbatasan update sehingga sistemnya akan rentan terhadap virus, malware, dan spyware.

Feature ini merupakan salah satu upaya keras Microsoft untuk memerangi pembajakan terhadap perangkat lunaknya. Menurut promosi yang dilakukan oleh Microsoft, jika Vista tidak diaktivasi dengan produk key yang asli, maka pengguna akan mendapatkan pengurangan fungsi pada sistem Vista miliknya. Pembatasan pada produk key yang palsu merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Untuk membantu melindungi hak-hak konsumen yang membeli Windows Vista asli dan juga untuk melawan pembajakan, Microsoft akan terus mem-blok product key yang disinyalir illegal. [chip.co.id]

Source: Computerworld (RG)
Author: Patrick Gerard


About this entry